SISTEM REM TROMOL

sistem rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan dengan halus memanfaatkan gaya gesekan.
berikut gambar dari mekanisme rem:



pengereman dilakukan dengan cara menekan kanfas & sepatu rem yang tidak berputar terhadap tromol,tromol ikut berputar bersama roda sehingga kanfas rem dapat menggesek tromol dan mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan.tenaga putar roda diubah oleh gaya gesek menjadi panas dan panas tersebut segera dibuaang ke udara bebas.

pada rem tromol pengereman dilakukan oleh kanfas & sepatu rem yang menekan permukaan dalam tromol yang berputar bersama roda sehingga kecepatan kendaraan dapat diperlambat,pengereman sepatu rem bertumpu pada backing plate.
berikut bagian-bagian mekanisme rem tromol:
:


















bagian kanvas & sepatu rem:





motor bakar

motor 4 tak
dalam alur kerja motor 4 tak terdapat 4 langkah yaitu:
1.langkah hisap(intake)
   dimana:-posisi piston bergerak dari TMA ke TMB
              -katup isap isap terbuka dan katup isap tutup
              -campuran BBdan udara masuk ke ruang bakar
2.langkah kompresi(compression)
    dimana:-posisi piston bergerak dari TMB ke TMA
                -katup isap dan katup buang tutup
                -capuran BB dan udara di kompresikan
3.langkah usaha(ignition)
    dimana:-posisi piston bergerak dari TMA ke TMB
                -katup isap dan katup buang tutup
                -menjelang akhir angkah kompresi busi
                 memercikkan bunga api sehingga campuran
                 BB dan udara terbakar/ meledak dan piston terdorong
                 kebawah
4.langkah buang(exhaust)
    dimana:-posisi piston bergerak dari TMB ke TMA
                -katup isap tutup katup buang buka
                -sisa hasil pembakaran di tekan dan dikeluarkan melalui katup buang

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / andre blogspot

Template by : Urangkurai / powered by :blogger